3 Prinsip Utama Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Indonesia

Jasa Bangun Rumah RUSPIN (Rumah Unggul Sistem Panel Instan)
August 11, 2018
jasa bangun rumah
5 Gaya Rumah yang Bisa Dibangun Jasa Bangun Rumah
June 30, 2020
Show all

3 Prinsip Utama Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Indonesia

Tertarik membangun rumah tahan gempa? Maka berkenalanlah terlebih dahulu dengan BARRATAGA (Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa). Istilah BARRATAGA mungkin tidak populer bagi masyarakat awam karena istilah tersebut berkaitan erat dalam bidang konstruksi. Yang dimaksud dengan BARRATAGA adalah desain konstruksi bangunan yang dibuat sedemikian rupa agar anti gempa. Sehingga gempa berkekuatan dahsyat yang menimpa rumah Anda tidak akan merusak struktur bangunan.

Mengenal Struktur Rumah Tahan Gempa

Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa merupakan sistem yang sangat positif bagi kelangsungan hidup masyarakat. Mengapa demikian? karena seaktif apa pun Anda di luar rumah, rumah tetap menjadi tempat pulang. Waktu yang Anda habiskan jauh lebih banyak di dalam rumah. Coba bayangkan jika rumah tidak nyaman dan memiliki struktur yang rapuh?

Bicara tentang struktur bangunan ternyata BARRATAGA turut memiliki struktur yang diklasifikasikan dalam 5 bagian:

Fondasi

Rumah kecil atau megah membutuhkan fondasi yang kokoh agar dapat menapung konstruksinya dengan baik. Fondasi menjadi bagian paling dominan karena terletak di posisi terbawah dari struktur bangunan. Ketika membuat fondasi, ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan. Termasuk karakteristik dan tekstur tanahnya. Tanah yang dipilih harus tidak lapuk dan lembek.

Kolom

BARRATAGA rumah anti gempa juga memiliki kolom sebagai struktur bangunannya. Aplikasi kolom konstruksi harus memperhatikan beberapa detail penting di antaranya:

  1. Kolom berperan penting untuk memikul beban berat dari suatu bangunan.
  2. Tepat pada ujung atas kolom, jasa konstruksi harus mengikat beton dan menyatukan bersama-sama balok keliling.
  3. Kolom tidak bisa dilepaskan begitu saja tanpa balok pengaku. Keberadaan material ini penting guna menahan gelombang lateral gempa.
  4. Kerangka bangunan yang sudah dipersiapkan termasuk sloff, kolom dan balok harus dihubungkan satu sama lain dengan model konstruksi yang kokoh. Pada proses pemasangan, kolom wajib diikatkan di sloff.

Balok

Ketika membangun rumah tahan gempa sederhana, Anda harus memperhatikan dengan baik penggunaan baloknya. Balok ini berada persis di atas kusen dan berfungsi dengan baik untuk menambah kekuatan konstruksi bangunan. Jenis balok yang digunakan tidak sembarangan balok melainkan balok latei dan ring balk. Keduanya sangat cocok untuk eksekusi rumah sederhana.

Atap

Fungsi atap berbanding terbalik dengan fondasi karena peletakan atap di atas struktur bangunan. Membuat atap juga harus memenuhi standar kebutuhan dan melihat berdasarkan beberapa aspek berikut:

  • Bobot

Beban ideal sebuah atap bangunan harus dipahami dengan baik sebelum membangun rumah. Dengan pemahaman tersebut, Anda bisa memaksimalkan aplikasi atap pada suatu bangunan.

  • Cara Pemasangan

Kerangka atap yang dibuat harus mampu menahan beban atap sehingga tidak mudah terlepas ketika terjadi gempa atau bencana alam lainnya. Penggunaan kerangka atap yang kurang maksimal, memungkinkan atap terbang di bawa angin bertekanan tinggi.

Dinding

Komposisi dinding pada Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa BARRATAGA juga diperhatikan secara seksama. Jasa konstruksi tidak bisa sembarang membangun dinding tanpa memenuhi seluruh komponen berikut:

  • Daya Tahan Dinding

Sebuah dinding rumah tidak sengaja dibuat untuk menciptakan hunian yang privasi. Struktur dinding sejak awal diciptakan guna menahan beban bangunan.

  • Pemasangan Dinding

Agar dinding mampu melakukan tugasnya sebagaimana yang dijelaskan di poin pertama. Teknik pembuatan dinding harus dilakukan secara profesional dengan mengaitkannya pada kolom.

jasa bangun rumah tahan gempa
jasa bangun rumah tahan gempa

3 Prinsip utama pembangunan rumah BARRATAGA

Setelah mengenal bagaimana struktur bangunan BARRATAGA. Lanjutkan dengan memahami prinsip-prinsip pembangunannya di bawah ini:

  • Denah simetris dan simpel

Rumah modern anti gempa ala BARRATAGA identik dengan denah simetris dan simpel. Mereka mengaplikasikan gaya horizontal simetris pada seluruh elemen konstruksi. Model sistem ini ditengarai dapat memberikan dampak yang baik pada kekuatan bangunan. Dan saat gempa bumi datang, rumah tidak akan rata dengan tanah karena runtuh.

  • Sistem konstruksi memadai untuk menahan beban

BARRATAGA juga mengusahakan pembuatan struktur penahan beban yang sifatnya elastis. Struktur penahan beban ini bermanfaat untuk menghantarkan getaran atau gelombang gempa dari masing-masing struktur bangunan hingga dipindahkan begitu saja ke tanah.

Kehadiran sistem ini wajib ada guna membantu menghindari efek runtuhnya bangunan pasca mendapatkan gelombang tekanan dahsyat dari alam.

  • Material bangunan yang digunakan ringan

Pemakaian bahan bangunan berkualitas dan kuat umumnya menjadi perhatian utama jasa konstruksi sebelum membangun gedung. Khusus untuk rumah BARRATAGA, bahan-bahan bangunan yang dipakai adalah material ringan. Beban material diyakini sebanding dengan tekanan gempa. Sehingga makin berat material yang digunakan semakin besar pula gelombang gempa yang diperoleh.

Jasa Bangun Rumah : 3 Faktor penunjang rumah tahan gempa

Membuat rumah tahan dari gelombang gempa bukan hal yang mudah. Apalagi jika Anda tidak memiliki pengalaman dan ide sama sekali untuk menerapkan teknologinya. Selain mempelajari BARRATAGA, penting bagi Anda untuk memahami sejumlah faktor penunjang ketahanan rumah berikut ini:

  1. Kualitas Bahan Bangunan

Indonesia memiliki SDA yang sangat melimpah mulai dari batu bara, kayu, air, dan lainnya. Meskipun menghasilkan banyak SDA, bukan berarti seluruh materi tersebut bisa digunakan untuk membangun rumah.

Berikut ini klasifikasi material bangunan yang bisa digunakan untuk pembangunan hunian atau gedung:

  • Campuran Beton

Konstruksi rumah tidak bisa lepas dari pemakaian campuran beton terkecuali jika Anda ingin membuat rumah pohon atau gubuk sederhana dari kayu. Campuran beton ini harus terdiri dari beberapa material seperti air, pasir, kerikil dan semen. Model kerikil yang digunakan juga harus sesuai standar. Anda tidak bisa menggunakan kerikil yang besarnya lebih dari 2 mm.

  • Mortar

Berbeda dari beton, campuran material untuk membuat mortar lebih sederhana. Mortar tidak membutuhkan kerikil sama sekali, hanya dibuat dari pasir dan semen yang disatukan dengan air.

  • Material Fondasi

Pembuatan fondasi menjadi awal pembangunan yang dilakukan jasa buat rumah tahan gempa. Materi yang dibutuhkan antara lain batu kali yang kokoh dan kerikil.

  • Kayu

Meskipun membutuhkan berbagai macam bebatuan. Proses pembangunan rumah juga tidak luput dari kayu. Kayu yang dipilih harus lebih berkualitas daripada materi furnitur. Tidak ditemukan retakan, teksturnya keras dan utamakan menggunakan kayu berwarna gelap.

  • Kualitas dan Struktural Tanah

Kepadatan dan struktur tanah juga menyumbang daya tahan rumah. Tidak hanya menjaga rumah dari pergeseran akibat gempa bumi tapi juga longsor. Dari sekian banyak struktur tanah, utamakan menggunakan tanah yang mengandung kerikil berpasir di dalamnya.

Model tanah seperti itu sangat baik untuk konstruksi bangunan. Saat getaran gempa berlangsung, rumah tidak hanya terhindar dari geseran tapi juga keruntuhan.

  • Kedalaman Fondasi

Perhatian Anda jangan hanya fokus pada material dan kualitas tanah saja. Kedalaman fondasi juga harus diperhitungkan dengan seksama. Kedalaman fondasi yang dibuat tidak boleh kurang dari 60-75 sentimeter.

Ketika semua elemen tersebut terpenuhi dengan baik kualitasnya. Struktur bangunan yang akan Anda peroleh adalah struktur terbaik. Konstruksi tidak akan mudah cacat atau rusak ketika ada gelombang gempa.

Untuk pengalaman pembangunan rumah paling mudah, gunakan jasa rumah tahan gempa. Mereka lebih memahami tahapan-tahapan pembangunan rumah dengan mengombinasikan ilmu pengetahuan juga teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.